Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat ATM Semua Bank (BRI, BNI dan Mandiri)

Bayar BPJS Kesehatan Lewat ATM – Peningkatan program pemeliharaan kesehatan yang saat ini banyak dilakukan oleh pemerintah, merupakan salah satu tindakan yang menginginkan masyarakat Indonesia lebih memperhatikan kesehatannya. Dalam mengupayakan kesehatan, tidak jarang sebagian masyarakat juga terkena beberapa serangan penyakit yang mana program kesehatan dari pemerintah sangat dibutuhkan. Lewat BPJS Kesehatan, saat ini masyarakat lebih diuntungkan dengan sistem pengobatan secara gratis. Namun yang tidak boleh dilupakan dalam menggunakan program BPJS Kesehatan ini adalah  melakukan iuran setiap bulanya. Rentan biaya yang dibayar diklasifikasikan dalam beberapa kelas yang  bisa disesuaikan dengan kemampuan masyarakat.

Cara Bayar BPJS Kesehatan

Cara Bayar BPJS Kesehatan (sumutpos.co)

Pembayaran yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan ini juga mengacu pada jumlah anggota keluarga yang tercantum didalam Kartu Keluarga (KK). Jadi bisa dikatakan cara daftar BPJS Kesehatan juga memiliki syarat dan ketentuan yang harus dijalankan. Namun aturan yang diberikan oleh peserta BPJS Kesehatan ini sedikit berbeda dengan Ketenagakerjaan dimana setiap iuran yang dilakukan bisa di klaim. Pencairan dana yang dilakukan oleh peserta BPJS TK juga tidak terlepas dari beberapa prosedur cara klaim BPJSTK. Namun yang menariknya adalah proses cara bayar BPJS Kesehatan via ATM ataupun Ketenagakerjaan bisa dilakukan pada tempat yang sama salah satunya dengan menggunakan mesin ATM

Dengan banyaknya animo masyarakat yang sadar akan pemeliharaan kesehatan, kini banyak sejumlah perbankan yang ikut serta membantu dalam proses pembayaran iuran BPJS Kesehatan setiap bulannya. Beberapa diantaranya adalah bank Mandir, BNI dan juga  BRI yang tentunya memiliki cara bayar iuran BPJS yang berbeda-beda. Disini kami juga akan membantu memberikan beberapa prosedur dari tiap bank untuk melakukan proses pembayaran BPJS, berikut beberapa ulasan yang bisa dilihat berikut ini.

Cara Bayar BPJS Kesehatan lewat ATM Mandiri

  1. Masukan PIN jika kartu ATM selesai dimasukan
  2. Lalu cari menu “BAYAR / BELI”
  3. Kemudian tekan “LAINNYA”
  4. Berikutnya pilih menu “BPJS”
  5. Setelah itu “BPJS Kesehatan”
  6. Tekan menu “Individu”
  7. Masukan kode 89888 kemudian di ikuti 11 angka dari belakang nomor Virtual Account (nomor yang ada pada kartu BPJS) lalu tekan “BENAR“
  8. Pilih angka 1 jika melakukan pembayaran hanya se-bulan, kemudian pilih “BENAR“
  9. Konfirmasi pembayaran dengan pilih angka 1 untuk mengakhiri proses pembayaran.

Cara Bayar BPJS Kesehatan lewat ATM BRI

  1. Masukan kartu ATM dan PIN.
  2. Kemudian pilih menu “Transaksi Tunai”
  3. Setelah itu cari menu “Transaksi Lainnya”
  4. Tekan “Pembayaran”
  5. Kemudian muncul beberapa pilihan, maka pilih saja menu “Lainnya” sampai ketemu menu BPJS.
  6. Pilih menu BPJS
  7. Setelah itu cari menu BPJS Kesehatan
  8. Masukan nomor virtual account BPJS Kesehatan
  9. Masukan jumlah nominal yang akan dibayar sesuai kelas keanggotaan.
  • Kelas 1: Rp 80.000
  • Kelas 2 : Rp 51.000
  • Kelas 3: 25.500

Cara Bayar BPJS Kesehatan via ATM BNI

Apabila peserta BPJS Kesehatan saat ini tergabung sebagai salah satu nasabah dari bank BNI, maka cara bayar iuran BPJS Kesehatan bisa mengikuti prosedur dari bank BRI yang sudah kami jelaskan diatas.

Cara bayar BPJS Kesehatan tidak hanya bisa dilakukan melalui mesin ATM, namun pembayaran tagihan tersebut juga bisa melalui Indomaret dan Alfamart. Peserta BPJS hanya perlu membawa nomer virtual yang ada di kartu JKN dan juga uang setoran sesuai dengan tingkatan kelas yang dipilihnya. Biasanya untuk melakukan proses pembayaran BPJS Kesehatan melalui minimarket tersebut akan dikenakan tambahan biaya sebesar Rp 2. 500. Namun pada masing-masing daerah yang terdapat lokasi minimarket yang bekerjasama dengan BPJS memiliki biaya admin masing-masing.