Cara, Syarat dan Prosedur Buat e-KTP Gratis

Cara Daftar e-KTP – Sistem data kependudukan disuatu daerah yang beberapa waktu lalu diterapkan mungkin dilakukan secara manual dengan penghitungan penduduk yang memiliki kartu identitas diri atau KTP. Namun beberapa tahun yang belakangan ini pemerintah lebih memudahkan masyarakat untuk beralih dengan elektronik KTP (e-KTP). Pada program yang dibuatnya ini mengacu pada data penduduk yang tidak jarang mengalami duplikasi yang seringanya masyarakat Indonsia melakukan urbanisasi dan juga transmigrasi kesuatu wilayah. Dengan adanya hal ini pemerintah mengantisipasi dengan mewajibkan masyarakat pahap terlebih dahulu sistem dan juga cara membuat e-KTP sesuai dengan prosedur yang dijalankannya.

Cara Daftar e-KTP
Cara Daftar e-KTP (Tribunnews.com)

Diubahnya data diri kependudukan yang memilih secara modern ini dimaksudkan juga  agar adanya basis data terpadu yang menghimpun data penduduk secara terperincu dari seluruh Indonesia. Sehingga dengan layanan dari e-KTP ini mampu menampung semua data kependudukan yang nantinya akan tersimpan dalam database. Sebuah program yang diluncurkan oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia pada tahun 2011 ini telah diadakan 2 sesi pembuatan dimana dalam pembuatan yang terakhir dilakukan pada tahun 2012. Seperti yang kami sampaikan bahwa pembuatan e-KTP sendiri berbeda dengan KTP yang konvensional yang mana ada cara daftar e-KTP sendiri dilakukan dengan beberapa tahapan.

Namun cara daftar e-KTP sendiri biasanya akan sedikit mempersulita bagi mereka yang saat ini baru pertama membuat kartu identitas kependudukan. Tidak jarang sejumlah pelajar dan juga masyarakat awam perlu adanya bimbingan dari pihak petugas pelaksana pembuatan e-KTP yang dilakukan disetiap kecamatan atau daerah ini. Jika dilihat dari kegunaanya, e-KTP yang selalu dibutuhkan dalam proses pendataan apapun yang berkaitan dengan identitas pribadi. Namun kami disini juga akan memberikan beberapa syarat dan juga prosedur cara daftar e-KTP yang bisa dilihat berikut ini

Syarat Daftar e-KTP

  • Minimal berusia 17 tahun
  • Membawa surat pengantar RT/ RW
  • Fotocopi Kartu Keluarga (KK)
  • Mengisi formulir F1.01 permohonan KTP.

Jika semua berkas sudah berhasil dikumpulkan, maka langakah selanjutnya bisa langsung membawanya kepetugas kantor kepengurusan untuk melanjutkan proses selanjutanya. Berikut kami juga akan memandu setiap prosedur cara daftar e-KTP yang bisa dilihat berikut ini.

Mengambil Nomer Antrian

Kumpulkan semua berkas yang sudah dilengkapi kepada bagian petugas yang menangi pengecekan data. Namun jangan lupa untuk mengambil nomer urut yang telah disediakan dan menunggu panggilan dari petugas.

Pengambilan Foto dan Data Biometrik

Jika nomer antrian sudah dipanggil maka proses selanjutnya akan dilakukan pengambilan foto dan juga data biometrik. Disini setiap data yang identitas diri harus sesuai dengan yang aslinya yang mana pada proses pengambilan foto harus dilakukan pada pihak yang bersangkutan. Setelah itu sematkan juga tanda tangan pada alat perekam tanda tangan elektronik. Untuk menambah tingkat  keamanan, akan diminta data sidik yang dilanjutkan pada proses scan retina (iris) mata.

Penandatanganan Petugas

Jika semua rentetan proses pengambilan data diri sudah selesa, maka petugas yang akan menyertakan tanda tangan dan stempel pada surat panggilan. Kemudian jangan lupa untuk meminta tanda bukti bahwa yang bersangkutan sudah melakukan perekaman foto, tanda tangan, scan retina dan sidik jari.

Pengambilan e-KTP

Untuk melakukan pencetakan e-KTP memerlukan waktu hingga 14 hari kedepan sampai dengan pengambilan e-KTP yang baru dibuat. Namun tidak jarang batas waktu yang ditentukan pada setiap daerah atau kecamatan memiliki ketentuan waktu yang lama. Hal ini juga disesuaikan dengan ketersediaan alat serangkaian proses e-KTP yang memadai.

Jika semua prosedur dan juga cara daftar e-KTP sudah selesai dibuat maka secara resmi data diri anda sudah tercantum sebagai penduduk warga negara Indonesia. Selain itu kami juga akan mengatakan bahwa semua rangkaian pembuatan e-KTP bisa dilakukan secara gratis atau tanpa biaya. Dengan kepemilikan e-KTP saat ini maka anda bisa membuat sejumlah kepengurusan administratif dalam proses registrasi yang dapat dipastikan e-KTP sebagai syarat utamanya seperti pendaftaran BPJS, membuat SIM, mengurus STNK dan yang lainya.