3 Cara Cek IMEI Untuk Melihat Keaslian HP Android Saat Mau Beli

Cara Cek IMEI HP – Masyarakat modern yang ada saat ini sebagian besar kebutuhannya selalu berpaku tangan dengan menggunakan gadget atau smartphone yang menjadi layanan akses utama mereka. Apalagi didukung dengan harga yang murah yang membuat beberapa produk hp Android seperti Samsung, Xiaomi, HTC, Oppo dan yang lainya banyak dicari. Namun dengan ramainya merek jual dari smartphone banyak yang masuk di Indonesia, tidak sedikit harga yang ditawarkan juga terbilang murah. Hal ini lah yang terkadang patut kita wapadai sebagai pembeli lantaran banyak oknum yang sampai saat ini masih bisa menduplikasi hp asli dengan yang palsu.

Cara Cek IMEI HP Android
Cara Cek IMEI HP Android (imei.info)

Adanya sejumlah oknum yang membuat bisa menduplikasi sebuah hp tujuan umumnya ingin meraup keuntungan yang lebih banyak. Untuk menghindari kepalsuan hp, modern ini sudah bisa diketahui sejak awal pembelian dengan dengan cek nomer IMEI.  International Mobile Equipment Identity (IMEI) yang merupakan suatu nomor identitas dari sebuah hp yang memiliki sifat unik. Selain itu IMEI sendiri juga mempunyai arti khusus yang biasanya digunakan untuk menandakan pabrikan, tipe ponsel, dan juga menandakan produk asli yang tidak bisa digandakan dalam bentuk apapun. Hak paten semacam ini yang juga disematkan pada smartphone yang mungkin orang awam juga masih belum tahu cara cek IMEI HP.

Salah satu penyebab banyak masyarakat yang kurang tahu dengan adanya IMEI ini lantaran mereka yang sudah tergiur dengan harga murah yang terkadang tidak sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan. Adanya nomer IMEI pada sejumlah smartphone sendiri juga bertujuan ketika hp mengalami kerusakan atau hp hilang dengan dengan sistem pelacakan. Selain itu juga digunakan untuk memudahan pengoperasian jaringan GSM, UMTS dan juga LTE. Maka dari itu bagi anda yang saat ini masih awam dengan cara cek IMEI HP Android, berikut adalah beberapa pemaparannya yang akan kami berikan dibawah ini.

Cek IMEI via Setting Phone

Salah satu cara untuk membedakan keaslian hp dan yang palsu adalah dengan mencari nomer IMEI yang ada di menu pengaturan yang ada didalam hp. Caranya dengan membuka menu “Setting”, kemudian pilih “About Phone, dan yang terakhir pilih “Status”. Langkah yang kami sampaikan tersebut hanya digunakan bagi yang menggunakan Android

Cek IMEI lewat Batterai dan Dushbook

Sebelum membeli hp perhatikan sisi luar yang ada pada dushbook hp untuk mengetahui nomer IMEI Biasanya tertera pada sticker yang ditempel pada bagian sisi dushbook yang bertuliskan IMEI pada bagian bawah barcode. Jika berkesempatan untuk melihat bagian dalam dari baterai maka cocokan nomer IMEI yang ada di dushbook dengan yang ada di baterai.

Cek IMEI via USSD

Tahapan cek IMEI yang diklaim cukup sederhana adalah dengan menggunakan USSD. Caranya adalah dengan ketik *#06# kemudian akan muncul nomer seri IMEI. Kode tersebut sudah kami buktikan pada smartphone Asus Zenfone C. Pengecekan IMEI ini juga bisa diterapkan pada pengguna Android seperti Samsung, Xiaomi, HTC, Oppo dan yang lainya.

Apabila sudah menemukan nomer seri dari beberapa pilihan cara cek IMEI HP Android diatas, maka tahapan selanjutnya adalah dengan mengunjungi situs resmi IMEI atau juga bisa klik disini, untuk mengetahui keaslian dari hp yang digunakan. Setelah IMEI sudah dimasukan pada kotak yang tertera selanjutnya klik Check. Apabila hp yang digunakan asli maka nomer IMEI yang dimasukan akan  memberitahukan mengenai tempat hp dibuat, tipe hp dan beberapa spesifikasi lainya.