Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan / Jamsostek Secara Online

Cek Saldo BPJS Jamsostek – Dengan biaya pengobatan mahal yang terus mengalami kenaikan tiap tahunnya, kini banyak masyarakat umum yang mengidentifikasi bahwa kesehatan itu berharga. Ungkapan tersebut memang benar adanya mengingat beberapa tahun belakangan ini banyak masyarakat modern yang tidak sanggup menanggung biaya pengobatan. Hal inilah yang membuat masyarakat sadar utuk memanfaatkan BPJS yang selama ini diprogramkan sejak tahun 2013 silam. Terlebih lagi bagi mereka yang saat ini bekerja disektor pembangunan infrastruktur, tidak jarang beberapa perusahaan mewajibkan karyawannya untuk daftar BPJS Ketenagakerjaan.

Cara Cek Saldo BPJS Jamsostek

Cara Cek Saldo BPJS Jamsostek (KabarMedan.com)

Hadirya BPJSTK yang dikhsususkan bagi para pekerja tidak hanya untuk memberi jaminan keselamatan kerja, namun juga bisa dijadikan Jaminan Hari Tua (JHT), dan beberapa jaminan sosial yang lainya. Selain BPJSTK, pihak JKN juga telah memberikan kesempatan bagi masyarakat umum untuk mengikuti program BPJS Kesehatan. Namun masyarakat awam telah menganggap bahwa kedua jenis kartu JKN ini sama persis sehingga mereka bisa menggunakan fitur cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan sama dengan BPJS Kesehatan. Hal ini sangat berbeda jauh dengan metode pembayaran yang dilakukan pada kedua jenis kartu ini dimana BPJS Ketenagakerjaan yang proses pembayarannya akan dipotong dari hasil gaji pokok pekerja.

Jika berbicara mengenai saldo BPJS Ketenagakerjaan bahwa pemerintah telah menetapkan aturan dimana jumlah saldo bisa diklaim atau dicairkan. Akan tetapi sebelumnya diharuskan pengguna melakukan cek saldo BPJSTK apakah sudah memenuhi standart klaim JHT atau belum. Untuk saat ini pengecekan saldo BPJS sendiri tidak hanya bisa dilakukan dengan menggunakan mesin ATM melainkan bisa dengan sistem online. Berikut kami akan memberikan prosedur cara cek saldo BPJSTK secara online yang bisa dilihat berikut ini.

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan via Online

  • Buka situs website dari BPJS Ketenagakerjaan disini
  • Login dengan masukan user ID dan password, jika sebelumnya pernah mendaftarkan diri.
  • Jika belum pernah mendaftar, maka bisa langsung klik Registrasi.
  • Masukan semua data yang telah disediakan secara benar, lalu klik Submit data.
  • Lalu lihat pesan inbox didalam e-mail
  • Kemudian klik Aktivasi dan tunggu user Id benar-benar bisa digunakan.
  • Setelah itu cek saldo BPJSTK dengan memilih opsi link Buku JHT lalu klik Lihat saldo Jamsostek

Selain menggunakan cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan diatas, maka juga bisa menggunakan aplikasi BPJSTK Mobile. Aplikasi yang dikembangkan oleh  BPJSTK sendiri memiliki sejumlah fitur yang tidak hanya digunakan untuk cek saldo saja namun juga cara daftar BPJS Ketenagakerjaan, informasi program JHT dan yang lainnya. Pengguna bisa mengunduhnya langsung di playstore untuk pengguna Android atau klik disini.