Cara Daftar BPJS Kesehatan Mandiri via Online

Cara Daftar BPJS Kesehatan – Spekulasi masyarakat umum yang menyatakan bahwa program ASKES (Asuransi Kesehatan) yang diluncurkan pemerintah ini hanya berlaku untuk pegawai pemerintahan saja. Namun hal tersebut tidak bisa langsung dibantahkan mengingat saat ini sudah ada BPJS Kesehatan ini yang secara wajib bisa digunakan bagi semua orang bagi pegawai pemerintahan ataupun masyarakat yang membutuhkan. Yang menarik dari program pemerintahan ini salah satunya terkait manfaat BPJS Kesehatan adalah sistem subsidi silang dimana uang jaminan dari orang yang mampu dan belum terpakai akan digunakan oleh orang yang membutuhkan bantuan. Selain itu keberadaan dari BPJS sendiri juga menjadi program jaminan sosial yang memiliki landasan hukum yang jelas.

Cara Daftar BPJS Kesehatan
Cara Daftar BPJS Kesehatan (kabarrakyat.co)

Kehadiranya yang secara serentak digunakan pada tahun 2014 ini, pihak JKN yang menaungi program BPJS ini sendiri juga meluncuran 2 jenis kartu yang berbeda yaitu BPJS Ketenagakerjaan dan juga Kesehatan. Kedua jenis kartu tersebut secara umum memiliki manfaat yang sama, namun secara definisi sudah berbeda. Mengingat BPJS Ketenagakerjaan sebelumnya berangkat dari dari PT. Jamsostek sedangkan untuk BPJS Kesehatan dinaungi oleh PT. Askes Indonesia. Selain itu, yang paling umum digunakan oleh masyarakat luas adalah kartu kesehatan yang didirikan tahun 1968 ini dimana penggunaannya sendiri tidak terbatas. Namun tidak semua masyarakat awam mengetahui cara daftar BPJS Kesehatan secara kompleks yang mungkin terkendala dengan sosialisasi yang dijalankan sebuah instansi tertentu.

Sebagai salah satu program yang dikenal masyarakat  sebagai jaminan sosial dalam bidang kesehatan, secara tidak langsung BPJS Kesehatan juga berperan dalam mengakomodasi sejumlah kebutuhan masyarakat. Tidak hanya dari segi kesehatan saja namun juga bantuan sosial yang diberikan oleh sesama pengguna BPJS lainnya. Walaupun saat ini masih banyak sejumlah layanan yang belum berjalan maksimal termasuk cara daftar BPJS Kesehatan. Hal ini mungkin disebabkan karena beberapa pihak yang mendukung program kesehatan ini juga kurang melakukan kegiatan penyuluhan atau sosialisasi terhadap masyarakat sekitar. Berikut kami akan menginformasikan cara registrasi BPJS Kesehatan yang akan kami sampaikan dibawah ini.

Cara Daftar BPJS Kesehatan

  1. Buka situs resmi BPJS online disini
  2. Terlebih dahulu baca semua syarat dan ketentuan yang diberikan.
  3. Checklist pada kotak “Saya menerima dan menyetujui Syarat dan Ketentuan layanan pendaftaran BPJS Kesehatan
  4. Tidak lama kemudian akan muncul form pendaftaran yang harus di isi sesuai dengan data diri yang sama dengan KTP
  5. Pilih klasifikasi kelas yang digunakan, terutama bagi yang Non-PBI (Bukan Penerima Bantuan Iuran jaminan Kesehatan)
  • Kelas 1/orang= Rp 80.000,- / bulan
  • Kelas 2/orang= Rp 51.000,- / bulan
  • Kelas 3/orang= Rp 25.500,- / bulan
  1. Tunggu pesan notifikasi nomor registrasi di email yang di masukkan pada kolom pendaftaran.
  2. Setelah itu Print lembar virtual akunnya
  3. Lakukan pembayaran setiap bulan melalui bank yang telah ditunjuk (BNI, BRI, dan Mandiri)
  4. Simpan bukti pembayaran.
  5. BPJS Kesehatan sudah aktif.

Jika semua cara daftar BPJS Kesehatan diatas sudah berhasil dilakukan, maka pengguna yang baru segera datang ke alamat kantor cabang BPJS untuk menerima kartunya. Setelah itu tunggu kurang lebih satu minggu untuk bisa mempergunakan kartu dari pemerintah tersebut. Yang menjadi catatan kami adalah setiap calon pendaftar BPJS Kesehatan harus diikuti oleh semua anggota keluarga yang tercantum dalam Kartu Keluarga (KK). Selain itu kami juga menghimbau untuk memilih klasifikasi kelas iuran BPJS disesuaikan dengan kemampuan dan juga jumlah keluarga.