Cara Daftar NPWP Online (eRegistration) Secara Cepat

Cara daftar NPWP – Sama seperti pada negara berkembang lainnya, Indonesia telah memberikan banyak fasilitas dan juga program yang bisa dinikmati oleh setiap warganya. Terlebih lagi dalam meningkatkan masyarakat yang mengenai wajib pajak, kini pemerintah mengupayakan sistem online. Sedikit kami informasikan bahwa pajak sendiri merupakan biaya yang ditanggung oleh setiap perorangan dengan ketentuan dan juga aturan yang sudah dibuat oleh pemerintah. Taat dalam melakukan pembayaran pajak secara tidak langsung kita juga ikut serta dalam membangun sebuah kemajuan negara dari berbagai aspek dan juga meningkatkan kesejahteraan rakyat baik secara materil ataupun spiritual.

Cara Daftar NPWP

Cara Daftar NPWP (ereg.pajak.go.id)

Pada pembahasan sebelumnya kami sempat menyinggung bahwa pembayaran pajak saat ini bisa dilakukan dengan cara online dengan menggunakan NPWP (Nomer Pokok Wajib Pajak). Perlu diketahui bahwa NPWP sendiri merupakan sebuah aplikasi sofware dan hardware yang telah dibuat sistem oleh Direktorat Jenderal Pajak dengan berbagai sistem dan juga aspek yang mengaju pada pelaksanaan taat pajak. Sistem yang telah dibuat ini telah dihubungkan oleh perangkat komunikasi data yang digunakan untuk mengelola proses pendaftaran wajib pajak. Namun yang masih menjadi kejanggalan adalah tidak semua masyarakat awam mampu melakukan cara daftar NPWP online.

Dari sekian banyak penduduk Indonesia yang saat ini mungkin enggan melakukan pembayaran pajak adalah akses yang digunakan masih belum bisa diketahui secara merata. Terlebih lagi cara daftar NPWP ini juga masih menjadi program yang masih dalam tahap pengembangan. Keberadaan dari nomer pajak ini sendiri sebagai sarana administrasi perpajakan, identitas wajib pajak, dan persyaratan pelayanan umum. Dengan melakukan pembayaran pajak secara tidak langsung penghasilan yang dibayarkan kepada pemerintah bisa dijadikan program baru yang juga berimbas pada masyarakat umum. Bagi masyarakat yang menginginkan cara daftar NPWP online, disini kami akan memberikan beberapa prosedur yang bisa dilihat berikut ini.

Cara Daftar NPWP via Online

  1. Kunjungi situs resmi NPWP atau klik disini
  2. Setelah itu pilih menu “Daftar / Registrasi
  3. Masukan data pengguna dengan benar seperti alamat email, kata sandi (password), dan lainnya.
  4. Kemudian klik “Daftar
  5. Lakukan “Aktifasi Akun” dengan membuka inbox email
  6. Lengkapi formulir, setelah melakukan “Log in
  7. Tidak lama kemudian akan muncul surat keterangan terdaftar sementara
  8. Kemudian kirim formulir pendaftaran dengan klik “Kirim
  9. Terakhir “Cetak / Print” formulir registrasi wajib pajak dan surat keterangan

Apabila proses pencetakan sudah selesai dilakukan, maka semua berkas formulir dan surat keterangan bisa dikirim ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) tempat dimana anda terdaftar wajib pajak. Biasanya lamanya proses pengiriman paling lambat adalah 14 hari setelah pengiriman. Jika ditolak biasanya akan ada pemberitahuan lewat email dan lakukan perbaikan. Jika ada pemberitahuan diterima, maka kartu NPWP yang akan dikirim melalui KPP atau Pos yang digunakan saat melakukan pengiriman diawal. Dengan adanya cara daftar NPWP yang kami berikan diatas, setidaknya sebagai warga Indonesia bisa menaati wajib pajak.