3 Cara Menghemat Kuota Internet Android Paling Ampuh

Cara Hemat Kuota  Android – Perkembangan jaringan internet dijaman modern ini sudah bukan merupakan hal yang dianggap tabu lagi. Hampir setiap kegiatan sosialisasi ataupun komunikasi membutuhkan koneksi internet. Terlebih lagi saat ini media yang mendukung seperti smartphone Android telah memfasilitasi aktifitas tersebut. Sejumlah merek ternama seperti Samsung, Lenovo, Asus dan yang lainya iku serta dalam menghadirkan spesifikasi hp Android yang mumpuni. Hal ini terlihat dari dapur pacu yang dimiliki masing-masing smartphone yang membantu lebih cepat dalam proses koneksi data internet yang digunakan.

Cara Hemat Kuota Android
Cara Hemat Kuota Android (i.ytimg.com)

Misalnya saja untuk kapasitas RAM minimal yang harus digunakan adalah 1GB dan juga pemilihan processor yang juga bisa Quad-Core. Selain spesikasi hp yang mendukung proses koneksi internet lebih cepat, juga didukung dengan sejumlah provider yang ikut berperan serta dalam menyediakan pilihan paket data. Beberapa diantaranya adalah Telkomsel, XL, Tri (3), Smartfren dan juga Indosat memiliki beberapa macam pilihan promo dan juga bonus internet. Dari masing-masing pilihan paket data internet yang disediakan tiap provider memiliki ketentuan yang diberlakukan, salah satunya mengenai cara hemat kuota Android. Biasanya semakin banyak jumlah kuota, tidak jarang masyarakat lebih tidak terkontrol penggunaanya.

Pada dasarnya cara hemat kuota Android bisa dilakukan dengan penggunaan yang lebih terkontrol. Namun hal ini terasa enggan dilakukan oleh masyarakat modern lantaran setiap provider menawarkan promo paket internet. Beberapa diantaranya adalah paket Axis Bronet, paket XL HotRod, simPATI flash, paket Tri Always ON (AON) dan masih banyak lagi yang lainya.  Dari masing-masing pilihan paket memiliki jumlah kuota yang ditawarkan masing-masing. Dapat dipastikan setiap tawaran yang diberikan memiliki keuntungan tersendiri. Maka dari itu bagi bagi anda yang saat ini masih awam dengan cara hemat kuota Android berikut ulasanya.

Menggunakan Aplikasi UC Browser

Cara menghemat kuota Android bisa dilakukan dengan memilih aplikasi UC browser. Aplikasi yang dikembangkan oleh UCWeb Inc, ini memuat laman yang tidak membutuhkan data yang lebih besar. Jika tertarik untuk mendapatkan salah satunya bisa mengungi situs yang ada disini. Selain UC browser, pilihan alternatif lainnya bisa juga menggunakan opera mini.

Matikan Sinkronisasi

Alternatif lain yang bisa membantu untuk menghemat kuota Android adalah dengan mematikan salah satu layanan sinkronasi yang ada pada hp Android. Pengguna hanya cukup menuju pada menu Settings > Accounts > Pilih Akunyang tidak ingin di sinkronisasikan. Mungkin ada beberapa yang bisa menjadi contoh adalah aplikasi youtube, Google Drive, dan yang lainya.

Matikan Update Aplikasi

Layanan Google Play Store yang menjadi market aplikasi Android, kerap kali melakukan pembaruan secara otomatis oleh sejumlah aplikasi. Biasanya pengupdate-an aplikasi akan memuat data kapasitas yang lebih besar. Dengan begitu pengguna bisa mematikan update-an aplikasi dengan cara masuk ke Play Store dan pilih menu Settings > Auto-update apps > Auto-update apps over WiFi Only.Pembaruan hanya akan dapat terjadi jika smartohone terkoneksi dengan jaringan WiFi.

Dengan adanya cara hemat kuota internet Android diatas,  kini pengguna bisa menentukan sendiri beberapa farian yang dianggap lebih fleksibel. Biasanya tidak jarang juga pada saat penggunaan data paket internet, pulsa yang yang ada didalamnya tersedot habis karena penggunaan yang tidak terkontrol. Yang akan kami garis bawah adalah pada saat melakukan penghematan data, pengguna juga harus menyeimbangkan jumlah kuota yang digunakan dengan kebutuhan browsing yang saat ini dilakukan.