Cara Isi Ulang Pulsa Listrik Lewat Mesin ATM (BCA, Mandiri dan BRI)

Cara Isi Ulang Token Listrik via ATM – Sumber energi utama bagi kehidupan manusia selain matahari salah satunya adalah listrik. Dewasa ini hampir semua aktifitas yang dilakukan oleh masyarakat modern selalu berhubungan dengan energi listrik. Di negara berkembang seperti Indonesia saat ini sudah ada beberapa pembangkit listrik yang juga disediakan oleh negara termasuk PLN (Perusahaan Listrik Negara). Perusahaan yang sebelumnya dimiliki oleh BUMN tapi kini bermetamorfosa menjadi sebuah PT (Perseroan Terbatas). Perubahan dilakukan guna untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Hal ini terbukti pada sistem pembayaran yang dilakukan saat ini lebih terlihat fleksibel untuk dilakukan.

Cara Isi Ulang Pulsa Listrik via ATM

Cara Isi Ulang Pulsa Listrik via ATM (pln.co.id)

Jika sebelumnya pembayaran listrik dilakukan dengan pascabayar yang artinya pengguna dapat menggunakan aliran listrik terlebih dahulu baru pembayarannya dilakukan dibelakang. Untuk saat ini pembayaran listrik bisa dilakukan dengan metode pra bayar dimana pengguna energi listrik bisa melakukan pembayaran di muka setelah itu baru bisa mendapatkan aliran listrik. Metode pengisiannya sendiri juga tidak lagi perlu mendatangi kantor PLN melainkan bisa menggunakan mesin ATM sebagai perantara. Ada beberapa bank yang saat ini sudah bekerjasama dibidang pembayaran PLN diantaranya adalah bank BCA, Mandiri dan juga BRI. Akan tetapi kejanggalan masih dirasakan bagi masyarakat awam terkait cara isi ulang pulsa listrik lewat ATM.

Istilah lain dari listrik prabayar sendiri dikenal dengan pulsa listrik dimana pengisian yang dilakukan tidak jauh beda dengan pengisian saldo hp. Dengan adanya perubahan yang signifikan ini rupanya juga menjadi alasan masyarakat yang saat ini mulai beralih menggunakan listrik prabayar. Sebagai salah satu pengguna listrik pulsa, proses pengisian pulsa hanya perlu memasukan sejumlah nomer ke dalam Meter Prabayar (MPB) yang terpasang dilokasi pelanggan melalui sistem token atau stroom. Setelah itu secara otomatis jumlah kWH akan bertambah dengan sendirinya. Maka dari itu bagi anda yang saat ini masih awam dengan cara isi ulang token listrik via ATM, berikut telah kami berikan informasinya dibawah ini.

Cara Isi Token Listrik via ATM BCA

  1. Masukan kartu ATM dan juga PIN yang digunakan
  2. Pilih “Transaksi Lainnya”
  3. Cari menu “Voucher isi Ulang”
  4. Lalu pilih “Lainnya”
  5. Lalu tekan “PLN Prepaid”
  6. Masukkan nomor Meter (11 nomor)
  7. Kemudian pilih “Nominal Voucher”
  8. Tekan Ya jika semua data yang dimasukan benar.

Cara Isi Ulang Pulsa Listrik via ATM Mandiri

  1. Masukaan kartu ATM serta PIN
  2. Lalu pilih “Pembayaran / Pembelian”
  3. Cari menu Multi Payment
  4. Setelah itu ketik “30300”
  5. Selanjutnya masukkan No Meter (11 nomor)
  6. Kemudian masukkan Nominal Pembelian
  7. Ketik “1” jika semua proses sudah selesai.

Cara Isi Ulang Listrik via ATM BRI

  1. Masukan kartu ATM dan juga PIN yang digunakan.
  2. Pilih “Transaksi Lainnya”
  3. Setelah itu “Pilih Pembayaran”
  4. Berikutnya cari menu “PLN”
  5. Lalu pilih “Prabayar”
  6. Isikan “Nomor Meter” yang terdiri dari 11 nomor
  7. Selanjutnya pilih “Benar”
  8. Masukan “Nominal Token / Voucher”
  9. Tekan Ya, jika semua proses yang dimasukan benar.

Cara isi ulang token listrik via ATM yang sudah kami berikan diatas, tentunya bisa disesuaikan dengan kartu ATM yang dimiliki (BCA, BRI dan Mandiri). Kemudian ambil struck pembayaran yang nantinya ada sejumlah nomer untuk di isikan pada kWH meter. Jumlah saldo pulsa minimal yang bisa dilakukan untuk listrik prabayar adalah Rp 20.000. Selain lewat ATM, proses pembelian token listrik juga bisa dilakukan di sejumlah minimarket seperti Indomart dan juga Alfamart. Akan tetapi untuk melakukan proses pengisian ulang juga akan dikenakan biaya admin sesuai daerah masing-masing.

Ada kelebihan lain ketika masyarakat modern beralih menggunakan listrik pulsa ini adalah pengguna bisa mengendalikan sendiri jumlah penggunaan listrik. Hal ini dikarenakan pengontrolan pemakaian listrik PLN bisa dilihat dengan jelas pada kWH meter. Selain itu adanya listrik prabayar ini diharapkan para pengguna energi listrik bisa lagi menghemat penggunaan listrik.