Cara, Biaya dan Syarat Mengurus Balik Nama Mobil

Cara Urus Balik Nama Mobil – Hidup dijaman yang memiliki pertumbuhan perekonomian yang semakin berkembang, sudah tidak jarang lagi masyarakat dari kita yang sudah memiliki kendaraan bermotor. Tidak hanya sepeda motor yang memadati jalan raya, namun juga beberapa angkutan umum atau mobil juga semakin banyak berlalu lalang. Hal ini telah membuktikan bahwa sebagian masyarakat telah cukup dalam kebutuhan secara ekonomi. Walaupun terkadang mobil yang dikendarai tidak dibeli secara baru melalui sorum mobil. Biasanya tidak hanya tampilan fisik mobil yang menarik untuk dilihat namun juga kelengkapan surat seperti  BPKB dan juga STNK yang turut dilihat beberapa keabsahannya.

Cara Mengurus Balik Nama Mobil

Cara Mengurus Balik Nama Mobil (tribunnews.com)

Jika beberapa perjanjian pembelian kendaraan sudah dimiliki, tidak jarang sebagian dari pemilik mobil yang akan mengubah nama kepemilikan yang sebelumnya menjadi nama probadi. Mungkin hal ini sudah banyak dilakukan oleh beberapa orang dimana ingin mencantumkan nama dirinya pada STNK dan juga BPKB dari mobil yang ingin dikendarai. Hal ini dilakukan lantaran pemilik mobil yang baru tidak lagi harus meminjam KTP pemilik mobil sebelumnya ketika membayar pajak karena nama pemilik yang tertulis masih tercantum. Namun kendala yang masih dirasakan bagi pemilik mobil baru adalah kesulitan dalam cara urus balik nama mobil.

Sebagaimana yang telah kami sampaikan diatas, bahwa balik nama mobil ini tidak hanya direpotkan dengan peminjaman KTP saja, namun juga lebih pada menjaga keamanan administrasi dan juga dokumen-dokumen bukti kepemilikan. Hal ini dilakukan juga mengingat tindak penipuan dalam hal jual beli barang bekas menjadi sesuatu yang menakutkan bagi masyarakat awam. Namun cara balik nama mobil sendiri cukup mudah dilakukan mengingat kesiapan dan kesigapan administrasi aparatur pemerintah maupun Samsat juga sudah menyediakan layanan yang maksimal.  Disini kami akan membantu untuk mengetahui beberapa syarat dan juga prosedur yang harus dilakukan untuk mengurus balik nama mobil yang akan kami berikan dibawah ini.

Syarat Mengurus Balik Nama Mobil

  • Membawa sejumlah fotocopy KTP pemilik baru atau pemilik mobil sebelumnya
  • BPKB dan STNK asli dan beserta fotocopy-anya
  • Kuitansi jual beli kendaraan yang telah disertai materai senilai Rp6.000

Setelah semua syarat yag dibawa sudah terpenuhi, maka pemilik kendaraan yang baru juga harus membawa mobil yang dibelinya untuk proses pengecekan fisik. Untuk lebih jelasnya bisa melanjutkan cara mengurus balik nama mobil yang akan kami sampaiakan dibawah ini.

Mengurus Balik Nama Mobil

  1. Lakukan cek fisik di tempat lajur pengecekan yang sudah disiapkan. Seperti nomor rangka dan nomor mesin mobil dengan cara menggosokkan stiker.
  2. Isi semua data yang ada di formulir sesuai data mobil di STNK.
  3. Serahkan kepada petugas yang ada di loket beserta STNK asli.
  4. Tunggu pemanggilan nama petugas (nama yang dipanggil adalah nama yang tertulis di STNK)
  5. Kumpulkan semua berkas seperti formulir cek fisik, STNK asli, fotokopi STNK, fotokopi BPKB, fotokopi KTP pemilik baru, Kuitansi dan BPKB asli
  6. Tunggu kembali panggilan dari petugas (nama yang dipanggil adalah pemilik mobil yang baru).
  7. Lalu ambil berkasnya kembali dan serahkan ke loket bagian pengurus administrasi.
  8. Setelah itu akan diberikan lembar tagihan yang harus dibayarkan untuk biaya balik nama.
  9. Kemudian akan mendapatkan cap lunas dan tanda terima dari berkas-berkas yang dikumpulkan tadi.
  10. Urus BPKB dengan nama baru ke Polda setempat.

Pada saat menyerahkan beberapa berkas cara mengurus balik nama mobil dibagian loket, maka pemilik kendaraan bisa menanyakan ke petugas loket mana yang harus dituju karena di tiap wilayah bisa berbeda-beda. Tarif balik nama mobil yang harus dikelurkan terbilang cukup mahal sekitar Rp 2.700.000. Akan tetapi tiap masing-masing daerah memiliki beberapa prsedur mengenai cara mengurus balik nama mobil, sehingga tarif yang harus dibayar pun juga berbeda. Jika semua berkas STNK dan BPKB sudah beralih menggunakan nama anda, maka kami sarankan untuk menyimpan semua bukti kepengurusan.