Cara dan Syarat Lengkap Mengurus e-KTP yang Hilang

Cara Mengurus e-KTP Hilang – Bertambahnya jumlah penduduk yang ada di Indonesia telah membawa pengaruh besar dalam perubahan sebuah negara. Hal ini terlihat dari segi infranstrustur dan juga fasilitas umum yang terus bertambah. Hal ini bisa terlihat dari data kependudukan masing-masing daerah yang sekarang lebih mudah untuk diketahui lebih cepat. Penghitungan penduduk yang dilakukan dengan sistem online bisa dilakukan sejak pemerintah mengganti kartu identitas setiap warganya dengan elektronik KTP (e-KTP). Sebuah dokumen resmi yang sebagai tanda pengenal yang sah ini dilakukan guna untuk mempermudahkan sistem data kependudukan yang berdomisili disuatu wilayah atau kota.

Cara Mengurus e-KTP Hilang
Cara Mengurus e-KTP Hilang (bkk.fajar.co.id)

Sebuah program yang hadir ditahun 2011 ini melakukan 2 sistem tahapan pembuatan dimana pada tahun 2012  dilakukan sesi pencetakan yang terakhir. e-KTP sendiri menjadi kartu identitas kependudukan yang secara resmi di keluarkan oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia sebagai bukti kewarganegaraan yang bisa menerima hak yang diberikan oleh negara dan wajib berkontribusi dalam memajukan bangsanya. Layanan cara mengurus e-KTP hilang sendiri dibuat dengan sistem keamanan atau pengendalian baik dari sisi administratif maupun database kependudukan secara nasional. Dengan begitu pemerintah tidak henti-hentinya menghimbau masyarakat untuk segera melakukan daftar e-KTP atau mengurus e-KTP yang hilang agar tidak terjadi duplikat data.

Tidak jarang sebagian dari masyarakat kita yang kurang sadar dengan e-KTP yang dibuat oleh pemerintah. Terlebih lagi jika mereka yang mengalami kehilangan kartu identitas mereka yang sedikit diabaikan untuk melaporkan kepada pihak yang berwenang. Jika hal ini tidak segera dilakukan ke pengurusan, bisa jadi e-KTP yang hilang disalah gunakan oleh orang yang menemukan yang mengatas namakan pemilik KTP yang asli. Selain itu agar data setiap warga tidak mengalami pemalsuan dokumen atau data. Untuk mengetahui cara mengurus e-KTP yang hilang, berikut kami telah memberikan beberapa tahapan yang bisa dilihat berikut ini.

Melapor Kehilangan e-KTP

Tindakan utama ketika kehilangan e-KTP adalah melapor kepada Polsek setempat atau pada wilayah dimana tinggal untuk meminta surat keterangan kehilangan. Hal ini akan membantu mempermudah pengurusan e-KTP. Akan tetapi sebelum mendatangi kantor kepolisian, pemilik e-KTP yang hilang menyertakan surat keterangan dari Rt/Rw. Kemudian pada tempat polsek akan diberikan selembaran untuk melakukan pengisian data diri atas kehilangan e-KTP.

Mendatangi Kantor Desa

Jika surat keterangan dari pihak kepolisian sudah selesai dilakukan, maka cara mengurus e-KTP selanjutnya dengan mendatangi kantor kelurahan. Tidak jarang beberapa prosedur dan juga syarat harus dipenuhi seperti yang akan kami jabarkan berikut ini.

  • Tumpuk semua berkas surat kehilangan dari kepolisian dan juga RT/RW.
  • Serahkam beberapa lembar fotocopy KK (Kartu Keluarga) beserta pas foto 3×4.
  • Isi formulir permohonan pembuatan e-KTP baru dari desa/kelurahan yang nantinya akan ditanda tangani oleh kepala desa.

Datang Kantor Kecamatan

Jika semua berkas kehilangan e-KTP sudah dinyatakan benar dari pihak desa, maka tahapan selanjutnya mendatangi kantor kecamatan untuk menyerahkan sejumlah dokumen. Setelah itu tunggu sampai petugas selesai melakukan validasi dan juga verifikasi. Kemudian petugas juga akan memberikan surat keterangan permohonan permintaan e-KTP yang baru.

Dalam isi surat permohonan untuk mendapatkan e-KTP yang baru biasanya akan memakan waktu 1 minggu untuk melakukan proses pengerjaan. Namun tidak jarang sejumlah daerah seperti Surabaya dan Jakarta memberikan rentan waktu yang sama. Hal ini  juga tergantung dari kesiapan dan juga alat pencetakan e-KTP yang tersedia dimasing-masing wilayah. Jika sudah mengetahui cara mengurus e-KTP hilang atau rusak, kini sejumlah proses pembuatan atau registrasi yang memerlukan buki data diri bisa dilakukan lebih cepat.