Manfaat dan Keuntungan BPJS Bagi Kesehatan Masyarakat

Manfaat BPJS – Jika sebelumnya program kesehatan pemerintah dikenal dengan Askes, Jamkesmas, Jamkesda atau yang lainya, kini sejumlah kartu tersebut digeser dengan kemunculan kartu Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS). Perlu diketahui sebelumnya bahwa sebuah kartu yang dirancang pada tahun 2013 ini, secara resmi baru bisa digunakan secara nasional ditahun 2014. Pengguanaan dari BPJS terbagi atas 2 jenis kartu yang berbeda namun memiliki tujuan yang sama yaitu memberikan pelayanan kesehatan dengan masyarakat. BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan merupakan penyebutan dari jenis kartu yang memiliki prosedur cara berobat BPJS masing-masing.

Manfaat BPJS Bagi Kesehatan Masyarakat

Manfaat BPJS Bagi Kesehatan Masyarakat (indowarta.com)

Dengan adanya tujuan yang sama inilah terkadang banyak masyarakat sulit membedakan manfaat BPJS bagi Kesehatan dan juga Ketenagakerjaan. Salah satu yang menjadi pembeda antara BPJSTK adalah kartu ini hanya dikhususkan bagi sektor pekerja umum yang bisa juga tergolong dalam Jaminan Hari Tua (JHT). Sedangkan untuk BPJS Kesehatan lebih memilih untuk mengembangkan layanannya dengan menerbitkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat yang membutuhkan secara gratis tanpa harus membayar iuran per bulanya. Selain itu setiap layanan yang diberikan telah membuktikan kalau BPJS tidak salah menargetkan program yang sudah direncanakan.

Seperti yang kami utarakan pada sebelumnya bahwa pengguna BPJSTK bisa mencairkan dananya ketika tidak lagi bekerja atau masuk dalam tahapan pensiun. Akan tetapi hal tersebut juga tidak terlepas dari ketentuan dan juga peraturan yang sudah dibuat. Berbeda dengan BPJS Kesehatan yang melakukan pembagian kelas utama, kedua dan ketiga. Tiap klasifikasi kelas tentunya akan bersangkut paut dengan tarif iuran BPJS Kesehatan. Selain itu tindakan medis yang biasanya diterima oleh pasien BPJS Kesehatan 1 dan yang ke-3 memiliki layanan medis yang berbeda-beda. Namun hal ini tidak mengurangi manfaat BPJS bagi kesehatan masyarakat. Disini kami juga akan memberikan beberapa fungsi dan kegunaan dari kartu BPJS Kesehatan dan juga Ketenagakerjaan yang bisa dilihat berikut ini.

Biaya Pengobatan BPJS Seumur Hidup

Penggunaan BPJS lebih dominan dipergunakan bagi masyarakat yang memiliki riwayat penyakit dalam waktu lama. Disinilah manfaat BPJS  yang secara tidak langsung bisa memberikan pengobatan seumur hidup dengan syarat kartu BPJS masih aktif digunakan. Peran kartu JKN ini juga memberikan layanan pengobatan secara preventif, kuratif dan rehabilitative yang biasanya digunakan bagi pasien yang mengidam penyakit kronis.

Premi BPJS Terbilang Murah

Sama seperti yang kami utarakan sebelumnya bahwa BPJS Kesehatan terbagi atas kelas dengan tarif iuran masing-masing. Ditetapkan pada tahun 2016 bahwa penambahan iuran tarif BPJS Kesehatan mengalami kenaikan untuk BPJS kelas 1 yang dikenakan Rp 80.000 /bulan. Sedangkan untuk BPJS kelas 2 dan 3 yang cukup membayar Rp 51.000 dan Rp 25.500. Dengan pembayaran yang relatif ringan bisa dijadikan solusi pengobatan para penderita kanker yang mana biaya pengobatan terbilang mahal.

Hampir Semua Penyakit di Tanggung BPJS

Sebagai salah satu manfaat BPJS Kesehatan dan juga Ketenagakerjaan dimana hampir semua jenis penyakit bisa  ditanggung oleh JKN. Namun juga harus sesuai dengan Pedoman Pelaksanaan (permenkes nomor 28 tahun 2014) yang menyatakan bahwa semua ditanggung kecuali yang disebutkan secara eksplisit tidak masuk pertanggungan seperti estetika, infertilitas, alternatif, komplementer dan lainnya. Tidak jarang sejumlah penyalkit seperti tumor, kanker, sejumlah operasi anggota tubuh, penyakit bawaan lahir dan lain sebagainya bisa ditanggung oleh BPJS.

Dengan banyaknya manfaat BPJS bagi kesehatan masyarakat telah membuktikan bahwa program dari pemerintah ini secara nyata mampu memberikan pelayanan kesehatan saja dan juga membantu dalam aspek sosial. Dengan berbagai fungsi dari BPJS sendiri tidak sedikit banyak yang bertolak belakang dengan sejumlah asuransi swasta yang saat ini juga banyak menawarkan bantuan kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan dimasa mendatang.